Selasa, 09 November 2010

BEBEK BALAP LANJUT USIA


BEBEK BALAP LANJUT USIA 
Usia terkadang tidak menjadi penghalang bagi siapapun untuk mengekspresikan keinginan atau sekedar iseng tidak terkecuali di dunia balap. Salah satu contohnya bebek tua ini, salah satu varian dari produsen berlogo sayap tunggal ini unjuk gigi di ajang road race. Entah mau menang atau kalah itu urusan blakang yang penting bisa unjuk gigi di ajang balap merupakan suatu kepuasan tersendiri  bagi pemilik atau pembalapnya.Dari segi fisik bebek tua ini, mungkin sama sekali tidak ada dari sudut manapun yang berbau balap lihat saja dari bentuk body dari depan sampe belakang yang klasik dan lebih cocok dibuat nostalgia era tujupuluhan, isi cilinder saja kurang dari 100 cc, pengapianpun belum CDI alias masih pake platina dan jumlah gigi percepatannya saja cuma tiga, wah  dikit banget ya.. motor jaman dulu...!!! Motor ini mungkin akan terawat klasik jika jatuh ke tangan orang yang hidup di era lahirnya motor ini mungkin.
Tapi sayangnya motor klasik dan unik ini, di era sekarang usianya sudah sangat tua, bayangkan saja jika masa pembuatannya tahun 70 an sampe sekarang berarti usianya lebih dari 30 tahun. Tapi meskipun usianya sangat tua bebek ini tidak punah begitu saja bahkan masih dilestarikan sampai sekarang dan tak sedikit di temukan di ajang balap resmi maupun tidak resmi.
FAVORIT MODIFIKASI HARIAN DAN CONTEST
Bebek Produksi negri sakura ini memang terbukti tangguh kehandalan mesinnya semisal di sektor mesin, komponen besi atau alumunium, tak jarang yang masih original dari era pembuatannya sampai sekarang. Di sebagian komunitas bebek ini pun menjadi alternatif pilihan untuk modifikasi harian dan contest. Bentuk body emang klasik, tapi terkadang ada kendala jika ingin mempertahankan keklasikannya, karena bebek tua ini sudah tidak berproduksi lagi, agak kesulitan jika harus mencari spare part yang asli tapi original asli jepang, banyak sebenarnya di loakan onderdil motor, tapi kadang carinya juga tidak gampang. tapi hal ini sama sekali tidak menyurutkan beberapa modifikator atau pehobi bebek C 70 ini. karena motor ini menggenerasi sampai honda revo, jadi tidak kesulitan jika harus mengganti komponen mesin karena spare part tertentu bisa ambil punya honda astrea star, honda prima, supra atau legenda, yang masih satu generasi. Di modif harianpun ok.. kontespun.. siapa takut.!
BEBEK TUA DIPERKOSA MEKANIK BALAP
Naaz bukan tragis sebenarnya, tak jarang bebek tua ini dipake balap, banyak di beberapa daerah yang menggunakan motor ini untuk drag bahkan ada juga yang dipake di kejuaraan road race, memang sih... kondisi fisik brubah total, tidak jarang bebek tua ini yang dipake balap, kondisi fisik yang masih asli hanya rangka dan cover mesin tengah saja.hampir 90% brubah total.

OPERASI KAKI-KAKI GAYA BALAP
Untuk memperkokoh tampilan ataupun kekuatan di sektor rangka, banyak yang harus diganti ,pilihanpun bisa kanibal atau ambil dari motor generasinya, semisal swing arm pake honda grand yang lebih stabil, shock depan pake model punya supra yang lebih responsif menahan getaran, dan juga bisa pake rem cakram punya supra dan banyak juga yang pake punya jupiter, shock breaker blakangpun banyak pilihan bisa pake dari motor apapun, tinggal sesuaikan panjang yang sesuai kebutuhan modif.
OPERASI MESIN GAYA BALAP
Kondisi mesin standart Honda C70, memang dirasa sangat kurang untuk mengejar power tinggi, merubah atau memperbesar isi silinderpun menjadi alternatif pilihan untuk meningkatkan power, dan juga mengganti  gigi percepatan menjadi 4  percepatan, dari standartnya yang 3. tak hanya itu saja tak jarang yang ekstreeme pake segelondong mesin honda grand di motor C70 ini.
Unik dan menarik memang, bebek tua bersejarah ini yang masih dilestarikan sampe sekarang, bukan hanya di lingkungan balap yang minoritas, tapi kebanyakan yang masih exist adalah komunitas honda C70 yang berkembang dan masih setia melestarikan bebek tua ini sampai sekarang, salut buat club...club honnda C70.

3 komentar:

 
Copyright © . Road Race Portal - Artikel RSS · Komentar RSS
-