Kamis, 16 Agustus 2012

Modifikasi Honda Grand Balap Road-race


Honda Grand emang motor yang usianya udah tua banget, tapi klo mau balap juga bisa kok. Langkah pertama menaikkan isi volume silinder menjadi 110 cc atau lebih, ganti linner asli dengan punya kaze yang lebih tebal agar bisa ganti saher yang lebih besar (ganti ditukang bubut / kolter) diameter liner yang sudah tebal tersebut tidak bisa langsung masuk ke mulut lubang kalter jadi lubang kalter harus diperbesar sekitar 3 mm, piston bisa pake apa aja asal pin piston lubang diameternya sama yaitu 13 mm, sebenarnya pake punya smash paling oke tp modif di pen saher karena diameternya 14 mm sedang punya grand 13 mm, biar gak ribet pake yg instan aja. Diameter x Langkah / isi cilinder asli grand = D x L = 50 x 49,5 = 97 cc dimodif/ bore up misal pake piston kaze diameter 53 mm jadi  = 53 x 49,5=109,1 cc kalau mau naik cc lagi ganti askruk+stang punya motor cina yg punya cc 110 misal kanzen atau tosa tapi gak bisa langsung pasang karena lingkar as kruk luar harus dibubut untuk bisa masuk ke changcrase/ bak kalter honda grand. Selanjutnya Head Cilinder/ kepala cylinder, langkah awal adalah menaikkan angka perbandingan kompresi / mempersempit ruang bakar agar pembakaran maksimal, cari aja angka yg paling aman agar resiko mesin jebol/ klep tabrakan dengan piston  semakin kecil missal papas kepala cylinder hanya 1 mm/ kurang dari 2 mm, sesuaikan juga squish/ diameter kepala silinder sesuai dengan diameter piston/saher, untuk cari amannya pasrahkan di bengkel yg biasa ngerjain, selanjutnya ganti klep dengan dimeter lebih besar, missal punya original Honda sonic trus jangan lupa ganti sekalian juga per klepnya ganti dengan per klep racing karena klep asli terlalu lemah, punya smash juga ok, untuk porting/ memperbesar lubang in dan out di kepala cylinder cukup diperhalus dan di kikis sekitar kurang 1 mm, lagi-lagi cari angka aman dulu, soalnya terlalu rumit untuk hitungan matematis  memperbesar lubang tersebut. Untuk noken as/ cam, nah ini paling penting dan vital.. karena kunci kecepatan 4 tak ada di sini. Biar aman order aja di bengkel yg biasa ngerjain noken minta bubutan noken as kurang dari 1 mm, 0,8 mm juga ok, lagi2 cari aman mas bro.. lebih sip lagi klo dia/ bengkel; bisa hitung durasi noken as, minta aja duasi in dan out sama missal 275 drajat/ angka durasi in lebih besar juga tambah oke.
Untuk langkah awal saya sarankan jangan terlalu ekstreme modif mesinnya, karena di balap punya resiko kerusakan komponen lebih tinggi. Kalau mainnya di sirkuit permanen sebenarnya seting mesinnya lebih mudah ketimbang seting mesin untuk turun di sirkuit dadakan/ jalan raya yang jarak tikungan patah-patah berdekatan.
Untuk karburator, pake sesuai kelas yang diikuti missal kelas 125 maximal diameter venturi 28 mm dan 24 mm untuk kls 110, intake manifold gak pake racing juga gak papa asal menghadap kesamping agar tidak kesulitan seting, bisa pake intake karisma/ sejenis di potong bagian batangnya trus belokkan arahnya dan dilas kembali, pake manifold racing juga ok.
Untuk pengapian bisa langsung pake CDI Racing yang ada di pasaran, missal CDI yang cirinya ada remotnya, gak usah sebutin merek bro, tau ndiri lah hehe.., koil juga pake racing klo bisa. Pulser di geser juga tambah oke, konsultasi deh sama mekanik.
Tu sekilas tentang mesin bro, tiap bengkel punya asumsi sendiri mengenai teori-teori teknik tune up, ini versi saya sendiri, sekian bro. Soalnya gak ada habisnya klo ngomongin mesin hehe hitungannya juga melibatkan rumus fisika hehe… thanz..sekolah lagi dah ente. hheheh

1 komentar:

  1. Share nya bagus, simple dan mudah dimengerti.
    Kp bisa share ukuran bubutan kem nya.
    Trims

    BalasHapus

 
Copyright © . Road Race Portal - Artikel RSS · Komentar RSS
-