Honda Grand emang motor yang usianya udah tua banget, tapi klo mau balap juga bisa kok. Langkah pertama menaikkan isi volume silinder menjadi 110
cc atau lebih, ganti linner asli dengan punya kaze yang lebih tebal agar bisa
ganti saher yang lebih besar (ganti ditukang bubut / kolter) diameter liner
yang sudah tebal tersebut tidak bisa langsung masuk ke mulut lubang kalter jadi
lubang kalter harus diperbesar sekitar 3 mm, piston bisa pake apa aja asal pin
piston lubang diameternya sama yaitu 13 mm, sebenarnya pake punya smash paling
oke tp modif di pen saher karena diameternya 14 mm sedang punya grand 13 mm,
biar gak ribet pake yg instan aja. Diameter x Langkah / isi cilinder asli grand
= D x L = 50 x 49,5 = 97 cc dimodif/ bore up misal pake piston kaze diameter 53
mm jadi = 53 x 49,5=109,1 cc kalau mau
naik cc lagi ganti askruk+stang punya motor cina yg punya cc 110 misal kanzen
atau tosa tapi gak bisa langsung pasang karena lingkar as kruk luar harus
dibubut untuk bisa masuk ke changcrase/ bak kalter honda grand. Selanjutnya Head
Cilinder/ kepala cylinder, langkah awal adalah menaikkan angka perbandingan
kompresi / mempersempit ruang bakar agar pembakaran maksimal, cari aja angka yg
paling aman agar resiko mesin jebol/ klep tabrakan dengan piston semakin kecil missal papas kepala cylinder hanya
1 mm/ kurang dari 2 mm, sesuaikan juga squish/ diameter kepala silinder sesuai
dengan diameter piston/saher, untuk cari amannya pasrahkan di bengkel yg biasa
ngerjain, selanjutnya ganti klep dengan dimeter lebih besar, missal punya
original Honda sonic trus jangan lupa ganti sekalian juga per klepnya ganti
dengan per klep racing karena klep asli terlalu lemah, punya smash juga ok,
untuk porting/ memperbesar lubang in dan out di kepala cylinder cukup
diperhalus dan di kikis sekitar kurang 1 mm, lagi-lagi cari angka aman dulu,
soalnya terlalu rumit untuk hitungan matematis
memperbesar lubang tersebut. Untuk noken as/ cam, nah ini paling penting
dan vital.. karena kunci kecepatan 4 tak ada di sini. Biar aman order aja di bengkel
yg biasa ngerjain noken minta bubutan noken as kurang dari 1 mm, 0,8 mm juga
ok, lagi2 cari aman mas bro.. lebih sip lagi klo dia/ bengkel; bisa hitung
durasi noken as, minta aja duasi in dan out sama missal 275 drajat/ angka
durasi in lebih besar juga tambah oke.
Untuk langkah awal saya sarankan jangan terlalu ekstreme
modif mesinnya, karena di balap punya resiko kerusakan komponen lebih tinggi. Kalau
mainnya di sirkuit permanen sebenarnya seting mesinnya lebih mudah ketimbang
seting mesin untuk turun di sirkuit dadakan/ jalan raya yang jarak tikungan patah-patah
berdekatan.
Untuk karburator, pake sesuai kelas yang diikuti missal kelas
125 maximal diameter venturi 28 mm dan 24 mm untuk kls 110, intake manifold gak
pake racing juga gak papa asal menghadap kesamping agar tidak kesulitan seting,
bisa pake intake karisma/ sejenis di potong bagian batangnya trus belokkan
arahnya dan dilas kembali, pake manifold
racing juga ok.
Untuk pengapian bisa langsung pake CDI Racing yang ada di
pasaran, missal CDI yang cirinya ada remotnya, gak usah sebutin merek bro, tau
ndiri lah hehe.., koil juga pake racing klo bisa. Pulser di geser juga tambah
oke, konsultasi deh sama mekanik.
Tu sekilas tentang mesin bro, tiap bengkel punya asumsi
sendiri mengenai teori-teori teknik tune up, ini versi saya sendiri, sekian
bro. Soalnya gak ada habisnya
klo ngomongin mesin hehe hitungannya juga melibatkan rumus fisika hehe… thanz..sekolah lagi dah ente. hheheh
Share nya bagus, simple dan mudah dimengerti.
BalasHapusKp bisa share ukuran bubutan kem nya.
Trims
kira2 habis dana berapa ya mas
BalasHapus50×49.5 kok hasilnya segitu bos..? Perkaliannya salah tuh bos
BalasHapus